Kamis, 01 Oktober 2020

Informasi Elearning

 E-Learning Madrasah


MTs Negeri 2 Rembang -  Sehubungan dengan terjadinya pandemi Covid-19 Pemerintah bersama-sama Kmenterian Pendidikan dan Kementerian Agama sepakat untuk merubah pola belajar siswa yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka di madrasah sekarang beralih dengan menggunakan daring atau online.
Sehubungan dengan hal tersebut, Plh Kepala MTs Negeri 2 Rembang setelah melaksanakan kordinasi dengan Waka, Guru dan Admin Madrasah, Teguh Santosa  menyampaikan bahwa untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih optimal, maka MTs Negeri 2 Rembang akan memanfaatkan Elearning sebagai salah satu Aplikasi Online pengembangan Kementerian Agama.
Admin Madrasah, Slamet Winarto menjelaskan bahwa didalam elearning ada 6 role  akses yang dapat digunakan, yaitu:
1. Operator Madrasah (Admin)
2. Guru Mata Pelajaran
3. Guru Bimbingan Konseling
4. Wali Kelas
5. Siswa
6. Supervisor (Kepala Madrasah,Pengawas dan Jajaran Pimpinan)
"Dalam elearning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan fitur-fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat" jelas Slamet Winarto.    Lebih lanjut Slamet Winarto  juga menyampaikan bahwadi dalam Elearning Madrasah juga telah ada fitur Kelas Online yang dapat dimanfaatkan dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, RPP, Materi, Jurnal Guru, Pengolahan Nilai Harian, Ujian berbasis Komputer (CBT) hingga pengolahan raport.  Fitu lain yang dapat dimanfaatkan adalah guru berbagi, forum komunitas madrasah dan bahkan bisa digunakan sebaga teleconference.

Menurut Teguh, dalam Pelaksanaan Penilaian nanti, MTs Negeri 2 Rembang akan menggunakan elearning sebagai media didalam melaksanakan Penilaian baik penilaian Tengah Semester maupun Ahir Semester, untuk itu diharapkan semua gur MTs Negeri 2 Rembang benar-benar mempersiapkan diri untuk dapat memanfaatkan elearning dengan baik. (Wient)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar