Rabu, 04 November 2020

Optimalisasi Pembelajaran Daring

 OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING

DENGAN MEMANFAATKAN BLOG MADRASAH

(Akhmad Suhadak Sholikin - Wakamad Kurikulum)

Saat ini Indonesia sedang mengalami keadaan pandemi akibat Covid-19 yang sangat berpengaruh diberbagai sektor termasuk sektor pendidikan.  Proses pembelajaran yang selama ini berlangsung secara tatap muka di dalam kelas bergeser menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakkan model daring (dalam jaringan).  Penyampaian materi pembelajaran secara daring bersifat interaktif sehingga peserta belajar mampu berinteraksi dengan komputer maupun android sebagai media belajarnya.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivita serta kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.  Penggunaan  media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memiliki beberapa manfaat diantaranya: (1) pengajaran akan lebih mnarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, (2) bahan pengajaran akan lebih jelas shingga siswa dapat memahami dan menguasai tujuan pengajaran dengan baik, (3) metode mengajar akan lebih bervariasi, (4) siswa akan lebih banyak melakukan interaksi dalam kegiatan belajar sebab tidak hanya mndengarkan penjelasan guru ttapi juga aktivitas lain sperti mengamati, mndemonstrasikan dan lain-lain.

Selama dalam masa pandemi covid-19 mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba dalam keseharian individu dan aktivitas masyarakat.  Tidak terkecuali membawa dampak pada proses pembelajaran di MTs Negeri 2 Rembang.  Pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan 100% di madrasah mengalami perubahan yang sangat drastis.  Dan tidaklah di pungkiri di atas 50% pelajar / siswa MTs Negeri 2 Rembang berasal dari masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.  Semua lini masyarakat mau tidak mau harus bertransformasi dan beradaptasi pada kondisi pandemi ini yang dirasakan berat bagi guru, siswa dan orang tua/wali.   Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Mnkes/363/2020 dan nomor 440-882 tentang Panduan Penyelenggara Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi pijakan kebijakan dalam melaksanakan pembelajaran di madrasah sebagai salah satu daya dukung eksternal.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, guru telah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran.  Berbagai sumber belajar mulai dari buku sampai media belajar dapat diakses menggunakan fasilitas internet dengan mudah.  Blog yang dirancang untuk mempublikasikan informasi  menjadi alternatif untuk kepentingan proses belajar mengajar. Blog akan menjadi sarana yang menyenangkan untuk media belajar dan akan mendorong siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan baru yang diperlukan untuk pprofesi mereka.   Guru adalah content creator yang paling mengerti apa yang dibutuhkan oleh siswanya.  Membuat sebuah konten tidak hanya masalah kurikulum, disitu harus dilibatkan juga pandangan dan prasaan guru terhadap kemampuan dan karakteristik siswa.

Selama masa pandemi covid-19 ini blog bisa menjadi media pembelajaran jarak jauh.  Blog bias digunakan sebagai media dalam pembelajaran yang bersifat opensource mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.  Melalui blog siswa dapat mengakses informasi belajar dan meningkatkan ketrampilan teknologinya, berbagi dan mnggunakan ulang konten-konten pembelajaran.


CATATAN

SEHUBUNGAN DENGAN PROGRAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEMANFAATKAN BLOG MADRASAH, MAKA UNTUK GURU MAPEL DALAM PENYAMPAIAN MATERI AJAR DAPAT MENYUSUN MATERI BAIK DALAM BENTUK WORD, PDF, VIDIO, JPG  DAN SOFTCOPY BISA DIKIRIM KE ADMIN UNTUK DI UPLOAD DI BLOG MADRASAH.

BAPAK/IBU BISA JUGA MENGIRIM TULISAN APAPUN (ARTIKEL-CERPEN-PUISI-) UNTUK MENGISI BLOG MADRASAH

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar